Eksklusif Interview CEO MAKUKU: Inovasi Produk untuk Ibu & Anak Indonesia

Eksklusif Interview CEO MAKUKU: Inovasi Produk untuk Ibu & Anak Indonesia

written by : MAKUKU - 22 Jun 2023

Viewed : 63 times  Read duration : Page Views : 74 times

Pasar popok di Indonesia terus berkembang dengan pesat. Tingginya angka kelahiran dan peningkatan kesadaran akan kebersihan bayi telah mendorong permintaan akan popok berkualitas. Industri popok terus berinovasi untuk menyediakan produk yang lebih baik dan lebih nyaman bagi bayi. Popok dengan fitur-fitur seperti lapisan lembut, indikator kelembaban, dan desain yang disesuaikan dengan bentuk tubuh bayi semakin populer.

Perkembangan industri popok di Indonesia mencerminkan pentingnya kenyamanan, kualitas, dan kebersihan bagi bayi. Industri ini terus beradaptasi dengan kebutuhan konsumen dan menghadirkan produk inovatif. Apalagi, Indonesia termasuk negara dengan populasi terbesar keempat di dunia yang memiliki tingkat kelahiran tertinggi di Asia Tenggara setelah Filipina.

CEO MAKUKU Indonesia Jason Lee mengatakan MAKUKU sebagai pelopor popok anti gumpal pertama yang menggunakan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) memulai unit bisnis dari produk kategori ibu dan anak dengan membawa produk-produk berkualitas tinggi ke Indonesia. MAKUKU ingin semakin banyak masyarakat atau keluarga Indonesia dapat merasakan dan menggunakan produk tersebut untuk membantu meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih baik lagi.

"MAKUKU memulai unit bisnis dari produk kategori ibu dan anak membawa produk-produk yang berkualitas tinggi datang ke Indonesia agar semakin banyak masyarakat atau keluarga di Indonesia dapat merasakan dan menggunakan produk tersebut sehingga kualitas kehidupan menjadi lebih baik serta lebih nyaman. Di tahap awal, MAKUKU memulai dengan membawa produk popok bayi ke Indonesia, tetapi untuk kedepannya kita juga akan mengembangkan produk seperti Pembalut serta popok Celana. Dan kita juga akan mengembangkan produk susu yang mempunyai kualitas tinggi ke Indonesia dengan tujuan dapat membantu anak-anak di Indonesia untuk tumbuh & kembang yang lebih baik," jelasnya, Kamis (15/6/2023).

Ia menambahkan, MAKUKU memulai dengan membawa produk popok bayi, yaitu MAKUKU SAP Diapers yang memiliki enam varian. Popok MAKUKU pertama kali dikenal dengan MAKUKU Air Diapers pada Desember 2021. Lalu, berubah wajah menjadi MAKUKU SAP Diapers pada November 2022.

MAKUKU SAP Diapers yang dirancang menggunakan teknologi SAP ini efektif mengurangi ruam popok. Mengingat kasus ruam popok sering kali dialami bayi dibawah usia satu tahun dan banyak faktor pemicunya. Untuk itu, pemilihan popok yang tepat, berkualitas hingga terbuat dari bahan berkualitas sangat penting dalam menekan risiko ruam popok.

"MAKUKU menggunakan Teknologi SAP karena dengan teknologi SAP ini dapat mengunci cairan dengan baik serta anti gumpal. Sehingga saat dipakai, akan terasa lebih nyaman karena tidak terjadi penggumpalan saat anak bergerak. Serta permukaan popok menjadi lebih kering karena kemampuan SAP tersebut dalam mengunci cairan. Dengan menggunakan teknologi SAP yang membuat popok tersebut anti gumpal, super tipis super nyerap sehingga lebih efektif dalam mengurangi ruam popok," jelasnya.

Selain menghadirkan teknologi maju SAP untuk produk popok MAKUKU, Jason Lee juga menambahkan, dengan hadirnya MAKUKU, diharapkan untuk ke depannya anak-anak di Indonesia bisa memiliki kualitas tumbuh dan kembang yang lebih baik seperti anak-anak di negara maju lainnya.

Program MAKUKU Mom's Care di Indonesia

MAKUKU juga melakukan beberapa kegiatan untuk memberikan bimbingan dan konsultasi gratis secara langsung baik offline maupun online untuk para orang tua di Indonesia. Untuk saat ini, MAKUKU juga mengembangkan satu kegiatan bernama 'MAKUKU Mom's Care'.

Tujuan dibentuknya MAKUKU Mom's Care adalah mengedukasi para orang tua dan anak-anak di Indonesia mendapatkan pelatihan dan konsultasi secara langsung dan rutin diadakan setiap minggu dengan menggandeng dokter spesialis dan rumah sakit. Dalam kegiatan ini, orang tua bisa menanyakan banyak hal mengenai perkembangan dan kesehatan anak.

"Dalam dua tahun, kita melakukan beberapa kegiatan untuk memberikan bimbingan dan konsultasi gratis secara langsung melalui aplikasi WhatsApp atau Zoom dan secara offline. Saat ini MAKUKU juga sedang mengembangkan program 'MAKUKU Mom's Care' dengan tujuan setiap orang tua dan anak-anak yang ada di Indonesia dapat menerima pelatihan dan konsultasi secara langsung. Serta kita juga bekerja sama dengan dokter spesialis dan rumah sakit. Konsultasi dan pelatihan bukan hanya untuk masalah ruam popok tetapi juga tentang pengetahuan perkembangan anak, makanan, Pendidikan, dan lainnya," katanya.

MAKUKU Mom's Care kini sudah dilaksanakan di 5 kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar dan Bandung. Ke depannya, diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan oleh MAKUKU di seluruh kota di Indonesia.

Deretan Penghargaan MAKUKU dari Tahun ke Tahun

Sejak MAKUKU menemani perjalanan bayi di Indonesia, MAKUKU telah mendapatkan beberapa penghargaan sebagai berikut:

  1. Penghargaan Top Innovation Choice Award 2022 dari TRAS N CO Indonesia dan Infobrand.id.
  2. Penghargaan 'Popok Bayi Favorit' dari Mom & Kids Choice Award.
  3. Penghargaan Produk untuk Bayi dan Balita dari Mother & Beyond Reader's Choice Award 2022.
  4. Produk Pilihan Ibu untuk kategori Popok Bayi dari Babyo Awards 2022.
  5. Inovasi Polimer Penyerap dan Fitur Bubble Belt Pertama di Indonesia dari Infobrand.id.
  6. Inovasi Popok dengan Struktur Inti Super Absorbent Polymer (SAP) Pertama di Indonesia dari Infobrand.id.
  7. Tisu Lotion Pertama di Indonesia dari Infobrand.id.

Penghargaan MAKUKU ini membuktikan popok MAKUKU telah dipercaya oleh para ibu di Indonesia yang dapat memenuhi kebutuhan bayi, memberikan kenyamanan dan mendukung kesehatan si kecil. Jason Lee berharap ke depannya MAKUKU bisa mendapatkan beberapa penghargaan dengan inovasi produk lainnya.

Harapan MAKUKU Indonesia di Masa Depan

Sebagai brand yang fokus pada kebutuhan dan kesehatan ibu dan anak, Jason Lee menuturkan untuk langkah selanjutnya, semua produk dari MAKUKU membawa perkembangan yang baik. MAKUKU dapat membawa perubahan pada industri yang lain dan bekerjasama dalam mengembangkan produk berkualitas tinggi lainnya untuk ibu dan anak.

"Berharap ke depannya produk-produk dari MAKUKU bisa membawa perkembangan yang baik dan kesehatan untuk anak serta Wanita di Indonesia. Melalui MAKUKU, dapat membawa dan mengubah industri bersama dengan mengembangkan produk inovatif lainnya untuk menunjang kesehatan untuk anak-anak dan wanita di Indonesia," tutur Jason.

Saat ini, MAKUKU memiliki enam varian popok bayi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu MAKUKU SAP Diapers Pro Care, MAKUKU SAP Diapers Balance Care, MAKUKU SAP Diapers Slim, MAKUKU SAP Diapers Slim Care, MAKUKU SAP Diapers Comfort dan MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit.

Popok MAKUKU hadir dalam dua tipe, yaitu perekat (tape) dan celana (pant) dengan ukuran NB khusus newborn, S, M, L, XL dan XXL. MAKUKU juga memiliki produk lotion tissue, yaitu MAKUKU Air Tissue. Semua produk MAKUKU bisa dibeli secara offline di toko bayi kesayangan dan online di MAKUKU Store Official di Shopee, Lazada, Tokopedia dan TikTok Shop.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk MAKUKU SAP Diapers, promo dan event terbaru MAKUKU, kunjungi official website di makuku.co.id. (adv/adv)

MAKUKUSAPDIAPERS

READ ANOTHER POPULAR NEWS

Lihat semua >
SEMUA
MAKUKU Akan Bangun Pabrik di Indonesia Tahun 2023

MAKUKU akan membangun pabrik di Indonesia pada tahun 2023. Selain memiliki pasar yang besar, pengadaan pabrik juga mendukung MAKUKU menjadi brand andalan

MAKUKU
2022-06-21 09:56:14
7 comments
SEMUA
Berhasil Perkenalkan SAP Core Structure Technology, 37,5% Ibu Memilih Gunakan MAKUKU SAP Diapers

MAKUKU berhasil memperkenalkan teknologi SAP dan sekitar 37,5% ibu memilih menggunakan MAKUKU SAP Diapers melalui survey yang dilakukan selama 6 bulan.

MAKUKU
2023-06-20 11:22:04
7 comments

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
SEMUA
MAKUKU Bantu Ribuan Ibu dan Balita Indonesia Hadapi Ruam Popok Lewat Teknologi SAP dan Inovasi Produk Sepanjang Tahun 2023

MAKUKU telah mengedukasi ribuan ibu di Indonesia mengenai ruam popok sepanjang tahun 2023 dan pelopor teknologi inti struktur SAP.

MAKUKU
2023-12-31 18:36:25
7 comments
SEMUA
Sebarkan Manfaat Teknologi SAP, MAKUKU Luncurkan Kemasan Renceng Buktikan Komitmen Kurangi Risiko Ruam Popok Pada Anak Indonesia

MAKUKU SAP Single Pack kini tersedia di warung dan toko terdekat, semua Ibu dapat merasakan manfaat teknologi SAP untuk kurangi risiko ruam popok

MAKUKU
2023-08-15 10:19:58
7 comments